Assalammualaikum
Apa kabar kawan-kawan, saya harap kalian sehat wal afiat aamiin, kali ini saya akan membuat doodle berbentuk ulat, oke langsung saja kita ke TKP !!!!....
  1. Untuk langkah pertama ini kita membuat badan dari ulat, dengan menggunakan Elipse Tool kita buat dengan ketentuan sebagai berikut : untuk ukuran width = 6 cm height = 6 cm, lalu berikan warna menggunakan gradient tool dengan gradient slider 1 berwarna = #45B649 Warna dan gradient slider 1 berwarna = # 196433 dengan tebal stroke = 6 pt dan dengan warna = #39B54A lalu ubah angle menjadi = -90 dan location menjadi = 60.
  2. Langkah selanjutnya copy object elipse tadi dan di letakkan di tempat yang lainnya, dan sejajarkan menggunakan align yaitu klik kedua object elipse tadi dan klik align lalu klik vertical align center.
  3. Lalu kita akan membuat badan dari ulat dengan menggunakan Blend, caranya kita pilih kedua object elipse tadi lalu klik Object pada Menu Bar lalu pilih Blend lalu klik Blend Option, lalu akan tampil tab Blend Option, lalu pada spacing kita pilih Specified Steps dengan jumlah Blend 10 dan Orientationnya kita pilih Align To Page, lalu klik OK. Lalu kita buat Blend Objectnya dengan cara klik Object lalu pilih blend dan klik make.
  4. Lalu ubah arah object Blend tadi dengan cara klik Object lalu pilih Blend lalu klik Reverse Spin.
  5. Langkah selanjutnya membuat mata menggunakan Elipse Tool, pertama kita buat object Elipse 1 dengan ketentuan width = 2 cm height = 2 cm warna = #FFFFFF warna stroke = #231F20 dan stroke = 6 pt, lalu kita buat object Elipse 2 dengan ketentuan width = 1 cm height = 1 cm warna = #231F20 dan kita buat object Elipse 2 dengan ketentuan width = 0,2 cm height = 0,2 cm warna = #FFFFFF lalu kita atur arah mata tersebut, setelah itu object mata tadi kita jadikan Group dengan pilih ketiga object tadi lalu klik kanan, lalu kita pilih group.
  6. Lalu Copy object mata tadi dan atur posisi mata seperti gambar di bawah.
  7. Langkah terakhir kita membuat mulut menggunakan pen tool dan beri warna =  #FF0013 dan tebal stroke = 4 pt dengan warna = #231F20.
Oke itulah tadi cara membuat doodle ulat menggunakan Adobe Illustrator CS 5, semoga dapat bermanfaat. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam ketikan dan penyampaian. Saya mohon kritik dan saran kawan- kawan semua. Terima Kasih.
Wassalammualaikum