Assalammualaikum
Apa Kabar kawan-kawan, saya harap kalian sehat selalu, aamiin. Oke kali ini saya akan berbagi tutorial membuat Ribbon Banner menggunakan Adobe Illustrator CS 5. Oke langsung aja kita menuju ke TKP !!!!....
  1. Langkah pertama, kalian buat persegi panjang menggunakan rectangle tool, terserah ukurannya dan di beri warna.
  2. Lalu buat lagi satu persegi panjang dengan ukuran panjang yang lebih pendek dan lebar yang sama dengan persegi panjang yang pertama, ubah warnanya agar berbeda dengan persegi panjang yang pertama, lalu pindahkan persegi panjang kedua ke belakang persegi panjang pertama dengan cara klik persegi panjang kedua lalu klik kanan pilih Arange lalu klik Send To Back.
  3. Lalu buat segitiga menggunakan Pen Tool dengan warna yang berbeda dari kedua object persegi panjang, lalu hubungkan sudut kedua Persegi Panjang seperti gambar di bawah.
  4. Langkah selanjutnya membuat cekungan pada persegi panjang kedua. Caranya dengan menambah anchor pada persegi panjang kedua menggunakan Add Anchor Point Tool, lalu dengan menggunakan Convert Anchor Point Tool klik sambil menekan Shift dan tarik kearah dalam seperti gambar dibawah.
  5. Ubah warna menggunakan Gradient Tool ubah menurut selera anda, saran saya untuk warna persegi panjang menggunakan warna yang sama, namun untuk segitiga, gunakan warna yang lebih gelap untuk menimbulkan kesan bayangan. Lalu buat semua object menjadi group caranya dengan memilih semua object, lalu klik kanan dan klik Group.
  6. Lalu copy semua object dan reflectkan hasil copyan tadi, dengan cara klik pada object copy lalu klik kanan lalu pilih Transform, lalu klik Reflect. Lalu atur agar sisi persegi panjang 1 dengan sisi persegi panjang 1 copy dapat bersatu dan atur agar posisinya sejajar menggunakan Align, caranya dengan pilih object 1 dan object copy lalu klik Align lalu pilih Vertical Align Center. Lalu kedua object tadi dijadikan dalam satu Group, caranya sama dengan langkah ke 4.
  7. Beri tulisan didalam object atur font dan ukuran yang pas.
  8. Lalu buat efek gelombang dengan cara, pilih object ribbon banner dengan object font lalu klik Object pada Menu Bar, lalu pilih Envelope Distort lalu pilih Make With Warp, lalu atur style dalam Warp Option sesuai kebutuhan anda, menggunakan Style Flag dengan pilihan Warp Vertical dan Bend 26 %, serta untuk Distortion baik itu Vertical dan Horizontal 0%. Untuk memudahkan kalian dalam mengatur Warp jangan lupa klik Preview.

Demikianlah tutorial saya mengenai Membuat Ribbon Banner menggunakan Adobe Illustrator CS 5, mohon maaf apa bila ada kesalah ketik dan bahasa, saya mohon kritik dan saran, semoga postingan saya dapat bermanfaat, terima kasih.
Wassalammualaikum