Pen-Tool-Illustrator
Assalammualaikum
          Apa kabar kawan-kawan saya harap kalian baik dan sehat selalu ya aamiin, kali ini saya akan memposting tentang salah satu tool yang ada di Adobe Illustrator yaitu Pen Tool, beserta tambahan tool dalam group Pen Tool itu sendiri.
          Oke saya ingin menjelaskan bahwa pada dasarnya gambar yang di buat di dalam software Adobe Illustrator adalah kumpulan anchor atau titik yang saling terhubung hingga menghasilkan sebuah object. seluruh object tadi dapat dihasilkan oleh berbagai macam tool yang tersedia di dalam software Adobe Illustrator atau cara lainya seperti mengambil object dari gambar yang diimpor lalu ditracing.
          Pen Tool memiliki peran paling penting untuk mengatur anchor tadi. Pen Tool biasanya di gunakan untuk membuat object baru sesuai apa yang akan kita buat. Seperti contoh Gambar Di bawah ini.
          Pen Tool atas empat tool yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Keempat tool tersebut adalah :
  1. Pen Tool adalah tool yang berfungsi membuat object baru dengan menghubungkan titik atau anchor sesuai object apa yang akan kita buat. cara menggunakannya adalah dengan mengklik pada lembar kerja lalu klik di tempat lainnya hingga menghasilkan object dan kembali ke titik awal untuk menjadikannya object, jika ingin membentuk kurva kita bisa klik lalu tahan mouse lalu gerakkan sesuai apa yang kita inginkan, jika kita mau menghentikan kurva atau ingin membuat kurva dengan panjang lengkungan lain, kita klik pada anchor yang akan kita tutup kurvanya.
    Pen-Tool-1
  2. Add Anchor Point Tool adalah tool yang berfungsi untuk menambahkan anchor pada suatu object, caranya dengan klik menggunakan Add Anchor Point Tool di garis object dan pada titik yang ingin kita tambahkan anchor.
    Pen-Tool-2
  3. Delete Anchor Point Tool adalah tool yang berfungsi untuk menghapus anchor dalam suatu object. caranya dengan klik menggunakan Delete Anchor Point Tool di titik anchor yang akan dihapus.
    Pen-Tool-3
  4. Convert Anchor Point Tool adalah tool yang berfungsi untuk mengubah posisi anchor dalam suatu object. Caranya dengan klik dan tahan mouse dan pada saat bersamaan tekan shift pada keyboard lalu pindahkan anchor sesuai yang kita inginkan.
    Pen-Tool-4
          Demikianlah kawan-kawan informasi tentang Pen Tool Dalam Adobe Illustrator, semoga dapat bermanfaat bagi kawan-kawan dan saya pribadi. saya mohon kritik dan sarannya, semoga blog ini dapat menjadi blog yang lebih baik lagi. saya mohon maaf apabila ada kesalahan. Terima Kasih.
Wassalammualaikum